Memek ABG

23 Sep 2011

Game "Online" Pecahkan Teka-teki AIDS



Ribuan pemain game memecahkan teka-teki terkait petunjuk pengobatan AIDS. Hanya butuh sepuluh hari bagi mereka untuk menjawab teka-teki seputar enzim yang sudah bertahun-tahun ditekuni para ilmuwan.

Game komputer yang dapat dimainkan secara online tersebut bernama Foldit. Game kolaboratif tersebut dipadukan dengan Tetris dan menganjurkan para pemainnya untuk melipatgandakan jumlah protein hingga tercapai bentuk yang rumit. Para pemain bisa menggunakan berbagai macam tools untuk memelintir, mengguncang, dan mengubah bentuk protein secara interaktif.

"Ini adalah bagian terkecil dari teka-teki pertolongan AIDS," kata Firas Khatib, pakar Biokimia di University of Washington, yang mengetuai tim penulis karya tulis ilmiah dari proyek pengembangan Foldit. Hasil penelitian dipublikasikan di jurnal Nature Structural & Molecular Biology, dan menyebut para pemain game, yang notabene bukan pakar biologi, dalam kreditnya.

Pencapaian ini merupakan sebuah tonggak penting dalam sains warga (citizen science), yang mencantumkan para pengguna internet dalam proyek ilmiah skala besar yang tidak dapat diselesaikan komputer dengan mudah.

"Manusia memiliki kemampuan berunding spasial, sebuah kemampuan yang belum dikuasai komputer dengan baik," kata Seath Cooper, ilmuwan komputer University of Washington yang mengepalai perancangan dan pengembangan Foldit. "Game-game menyediakan kerangka yang dapat memperkuat kemampuan komputer dan manusia," Seath menjelaskan.

Selama lebih dari satu dekade, tim ilmuwan internasional berusaha menemukan struktur molekuler enzim dari virus yang mirip AIDS yang dijumpai di resus monyet. Enzim tersebut dikenal sebagai retroviral protease, yang memegang peranan penting dalam penyebaran virus. Jika strukturnya dapat diungkap, para ilmuwan akan dapat merancang obat untuk menghambat penyebaran virus.

Sekitar 57.000 pemain game turut serta memecahkan tantangan Foldit. Mereka mendapat poin berdasarkan energi internal dari struktur protein tiga dimensi yang ditentukan dengan hukum Fisika. Tiap kali ada pemain yang berhasil menemukan struktur yang lebih elegan yang merefleksikan kondisi energi dari molekul tersebut, nilai mereka akan naik. (National Geographic Indonesia/Ni Ketut Susrini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar